Senin, 11 Maret 2019

#mungkin saja

🔬🍃💥MUNGKIN SAJA SESEORANG YANG BERAMAL KEBAIKAN MASUK NERAKA DAN MUNGKIN SAJA SESEORANG YANG BERAMAL KEBURUKAN MASUK SURGA

✍Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah berkata,

"Berkata sebagian salaf: 'Sesungguhnya seseorang mungkin saja beramal kebaikan lalu ia masuk neraka karenanya dan mungkin saja seseorang beramal keburukan lalu ia masuk surga karenanya.'

Maksudnya mungkin saja seseorang beramal kebaikan lalu muncul rasa angkuh dalam hatinya dan  bangga hingga ia merasa berjasa terhadap Allah Ta'ala bahkan ia berkata: aku telah berbuat begini...aku telah berbuat begitu... ia angkuh, bangga dan setan menghiasi-hiasi pada dirinya bahwa ia lah orangnya dan ia dan ia. Maka, semuanya ini menyeretnya kepada kesombongan, angkuh, merasa berjasa kepada Allah Ta'ala, dan bangga diri. Sehinnga ia pun menjadi orang yang binasa.

Sebaliknya, mungkin saja seseorang berbuat dosa lalu ia menyesalinya, mencela dirinya, dan bersungguh-sungguh bertaubat darinya serta mengiringinya dengan amal saleh sehingga perbuatan dosanya itu selalu terbayang di depan kedua matanya, ia pun meninggalkannya, menjauhinya, dan takut terhadapnya.
Sehingga perbuatan dosanya ini menjadi jembatan dirinya masuk surga. Karena ia bertaubat darinya dengan taubat yang tulus dan bersungguh-sunggauh dalam ketaatan kepada Allah dan bergegas dalam kebaikan. Maka, jadilah itu semua sebagai sebab keselamatannya dan kebahagiannya.

Demikianlah, yang wajib atas seorang mukmin saat tergelincir untuk berhati-hati dari perbuatan dosa  dan bersegera bertaubat, mencabut diri dan menyesalinya serta mengikutinya dengan banyak kebaikan sehingga ia selamat dari akibat buruk dosanya itu.

📙Syarh al Wabil ash Shayyib

📱http://t.me/ukhwh

-bytea-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar